Ribuan Truk Masih Mengular di Pelabuhan Merak

Date post   :   2012-08-08 | Sumber  :   http://berita.liputan6.com

Loading image

Liputan6.com, Merak: Sepanjang Selasa (26/6) kemarin, antrean ribuan truk ekspedisi pengangkut bahan pangan dan industri tujuan Pulau Sumatra masih mengular sepanjang tiga kilometer di luar Pelabuhan Merak, Banten. Antrean makin sulit teratasi lantaran jumlah truk yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatra terus meningkat menjelang datangnya bulan puasa. 

Kondisi ini juga diperparah dengan meningkatnya volume kendaraan pribadi dan bus umum karena masa liburan sekolah sudah dimulai. Padahal, jumlah kapal roro yang bisa dioperasikan PT ASDP Merak justru minim. Sebab, sebagian kapal yang memiliki daya angkut penumpang banyak sedang menjalani docking dan perawatan. 

Permasalahan antrean ini tak hanya merugikan para sopir truk, pengguna jalan, dan warga Cilegon, tetapi juga turut berperan merusak badan jalan yang menjadi tempat parkir truk selama mengantre. Badan jalan yang rusak di antaranya Jalan Cikuasa Atas, Kota Cilegon, hingga ruas Tol Tangerang-Merak. 

Guna mengatasi hal ini, Dinas Perhubungan Provinsi Banten meminta PT ASDP Merak sebagai operator pelabuhan tidak menyeberangkan truk ekspedisi yang kapasitas muatan dan dimensi ukuran truknya tak sesuai aturan. Namun, permintaan ini tak bisa dilakukan. Supriyanto, Kepala Cabang PT ASDP Merak, menyatakan seharusnya seleksi dilakukan Dinas Perhubungan terhadap truk-truk yang boleh atau tidak boleh masuk ke Pelabuhan Merak.(BOG)